Gubernur Sumsel Hadiri Panen Raya Padi IP100, Ini Pesan Gubernur Dan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Sumsel

Ogan Komering Ilir. Berita Suara Rakyat. Com
Pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel HR Bambang Pramono menghadiri serta meresmikan panen raya padi IP100.
Dimana panen raya padi IP100 ini adalah suatu langkah mendukung gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Dimana lokasinya sendiri berada di Desa Tugu Jaya Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) provinsi Sumsel, Rabu (15/3/2023).
Turut hadir didalam acara tersebut Bupati OKI Ir H Iskandar, S.E, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumsel Muchendi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Dr H Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Rizwan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan provinsi Sumsel Herdi, dan undangan lainnya.
Gubernur Sumsel H Herman Deru didalam sambutannya mengatakan dimana saya sengaja datang kesini dengan membawa buah tangan sebagai pemantik semangat kita semua, saya ajak semua pihak, termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel Muchendi saya ajak, semua saya ajak.
“Tujuannya adalah agar dapat melihat semangat daripada masyarakat ini, khususnya para petani. Nanti kalau dikasih ini jadi hiasan tidak, sebab dibeberapa titik itu ada ketika ada kendala sedikit onderdilnya tidak diperbaiki lagi, dan saya minta kepada kepala desa agar dipakai bersama,” ujarnya.
Kemudian, dimana Bupati OKI ini sangat hebat, bayangkan sudah diukur ubinan, dimana ubinan itu 2,5×2,5, hasilnya 6,6 kilo, jadi kalau se hektar OKI ini gabah kering panennya itu sudah diatas 10 ton perhari ini bukan lagi 7 ton.
Gabah Kering Gilingnya itu 9 ton, karena di jemur jadi berkurang bobotnya, nanti menjadi beras, dari 9 sekian ton itu 65 persen iya akan menjadi Randiman sampai 70 persen akan menjadi beras.
“Berarti OKI punya peningkatan produksi yang setara dengan kabupaten-kabupaten hebat di Indonesia ini. Tadinya kita iri dengan Jawa Timur ternyata kita bisa, yang pertama adalah kedisiplinan petani,” ungkapnya.
Menurut Bupati OKI Ir H Iskandar, peningkatan produktivitas padi di kabupaten OKI berkat sinergi berbagai pihak dalam mendukung petani melalui berbagai bantuan untuk petani. Ini membuktikan adanya panen raya padi, dengan produksi dan ketersediaan mencukupi.
“Dimana untuk OKI menjadi daerah yang secara nyata ikut serta berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” katanya.
Begitu juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel HR Bambang Pramono, hari ini kita melaksanakan dan mengadakan panen raya padi IP100 di Desa Tugu Jaya Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten OKI, dan hasilnya alhamdulillah.
“Kalau kemarin di tanggal 9 Maret 2023 itu panen kita bisa mencapai 6.6 kilo, dan Gabah Kering Panen (GKP) nya 10,65 atau setara dengan 9.6 ton Gabah Kering Giling (GKG),” ucapnya.
Dilanjutkannya, dimana hari ini kita dapat membukukan 7,6 ton, alhamdulillah jadi memang tidak sama, walaupun tidak 10 ton, tapi hasilnya sudah cukup baik
“Tadi disini Gubernur Sumsel H Herman Deru membantu kan Combine Harvester untuk bisa membantu percepatan panen dan pengelolaan lahan, sehingga IP200 bisa dikejar, imbuhnya.
Masih dilanjutkannya, peningkatan diharapkan, dimana tadi dikatakan Gubernur Sumsel bahwa untuk lahan kita sama seperti di Jawa. Petani kita juga punya mempunyai keinginan yang tinggi kita harapkan produktifitas kita bisa diatas 8 ton minimal. Dimana untuk luas lahan disini di Desa Tugu Jaya 40 hektar,
“Dimana Gapoktan sangat semangat sekali, dan mereka minta bantuan kepada Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) untuk bisa lebih menyerap pupuk yang ada dialokasikan di desa ini,” jelasnya. (Anton)

Pos terkait