IHGMA DPD Sumsel Masa Bakti 2024-2027 Resmi Dilakukan Pengukuhan, Berikut Beberapa Hal Disampaikan

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel Elen Setiadi, SH., MSE yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Panji Tjahjanto, S.Hut., M.Si menghadiri acara Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Sumsel Adhi Wahyu Prasetyo Periode 2024-2027 yang mana dilaksanakan Rabu Malam (4/9/2024).

 

Adapun kegiatan ini sendiri dihadiri perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, perwakilan dari Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel, perwakilan dari Pemerintah Kota Palembang, Ketua DPD Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Provinsi Sumsel, Purnabakti Kepala Disbudpar Sumsel, Ketua DPD ASITA Sumsel Anthon Wahyudi, dan para General Manager Hotel, para Manager Hotel yang ada di kota Palembang, dan undangan lainnya. Dan acara ini sendiri dipusatkan di Playground Cafe, Hotel Batiqa Palembang.

 

Dikatakan Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum Panji Tjahjanto,  S.Hut., MSi, di mana semalam kita dapat menghadiri serta mengikuti acara pengukuhan DPD IHGMA Provinsi Sumsel untuk masa bakti 2024-2027 mewakili daripada Penjabat Gubernur Sumsel. Seperti yang kita ketahui bahwa Provinsi Sumsel memiliki beragam potensi di berbagai sektor.

“Salah satunya adalah sektor pariwisata, jadi data yang ada di Disbudpar sampai hari saat ini lebih kurang 1000 lebih ini tiap tahun bertambah terus, karena memang potensi-potensi wisata makin dikembangkan,” ujarnya.

 

Kemudian, tentunya sektor wisata ini menjadi salah satu pemasukan devisa bagi provinsi Sumsel, untuk itu saya sangat mengapresiasi telah terbentuknya IHGMA DPD Provinsi Sumsel. Dengan ini pariwisata Sumsel makin menggeliat karena di dukung oleh pelaku pariwisata. IHGMA dapat menjadi organisasi yang menampung seluruh insan pariwisata di Sumsel.

 

“Selain itu juga, sekaligus sebagai sarana informasi, bekerjasama untuk mengembangkan pariwisata bahkan mempromosikan pariwisata Sumsel kita ini, dan bukan hanya itu IHGMA Sumsel harus memberikan terobosan dan inovasi,” ungkapnya.

 

Menurut Ketua DPD ASITA Sumsel Adhi Wahyu Prasetyo, dimana semalam adalah pengukuhan DPD IHGMA Sumsel untuk masa bakti 2024-2027 dimana saya terpilih secara aklamasi dari hasil rapat musyawarah anggota pada di tanggal 5 Juli 2024. Dan semalam kita melakukan pelantikan dan pengukuhan untuk kepengurusan tiga tahun ke depan.

“Saat ini anggotanya ada 26 anggota dari hotel non bintang sampai hotel bintang lima, hotel Arista dan hotel Excelton untuk bintang limanya. Dan  nanti kita akan menambah anggota dari Prabumulih, Muara Enim dan Lahat,” katanya.

 

Dilanjutkannya, mudah-mudahan kita bisa mencapai 30 hotel di tahun ini. Dan ini awal yang bagus untuk sebuah organisasi punya 30 General yang punya kesibukan macam-macam bisa kita kumpulkan dan bisa membuat suatu organisasi ini berjalan dengan baik. Untuk programnya sendiri, karena kita adalah bagian stakeholder dari pemerintah yang utamanya kita juga mau bekerjasama langsung bekerjasama dengan pihak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

“Di mana program pemagangan half skilling dari guru dan siswa harus kita bantu dari khususnya SMK perhotelan, lalu ada politeknik pariwisata (Poltekpar) Palembang yang harus kita bantu. Karena mereka mempunyai banyak sekali pegawai atau anak magang yang harus melakukan pemagangan,” ucapnya.

 

Masih dilanjutkannya, di mana pemagangan nya harus di hotel, jadi teman-teman ini akan kita bagi kuotanya, berapa banyak per hotel untuk satu sekolah. Harapannya ini bisa menjadi satu jembatan komunikasi antara komunitas sebagai General Manager kepada pemerintah daerah (Pemda) dan  stakeholder lainnya pada dunia pendidikan, atau kepada organisasi lainnya seperti ASITA, PHRI, MASATA, dan sebagainya.

 

“Kita bisa berkolaborasi bagus, sehingga bisa memberikan satu dampak yang baik, ya karena kan General Manager kan orang yang bisa memutuskan langsung, ikut atau tidak, terus jalan atau maju, atau keluar, atau masuk, jadi lebih strategis,” imbuhnya(Anton)

Pos terkait