Mari Dijaga Bersama-sama Apa Yang Telah Dilakukan Oleh TNI Melalui Kegiatan TMMD

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

Pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Drs Edward Candra, M.H menghadiri upacara penutupan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 116 Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan wilayah kodim 0418 Palembang  dilaksanakan di Kampung Serang Kelurahan Karya Mulya Kecamatan Semarang Borang Kota Palembang, Kamis (8/6/2023).

 

Dikatakan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumsel Drs H Edward Candra, M.H, kita berterima kasih kepada Tentara Nasional Indonesia melalui pangdam, Dandim 0418 Kota Palembang atas penyelenggaraan TMMD yang ke 16 pada tahun 2023 ini.

 

“Melalui program-program baik yang fisik ataupun non fisik dan semuanya sangat menyentuh kebutuhan masyarakat dan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

 

Kemudian, dimana yang terpenting adalah untuk masyarakat sendiri, apa yang sudah dibangun tadi dapat dipelihara, serta mendorong pemerintah daerah (Pemda) setempat, dalam hal ini adalah pemerintah kota (Pemkot) untuk dicarikan solusinya.

 

 

“Mungkin jalan yang sudah dibangun, mungkin bisa ditingkatkan lagi, karena tadi ternyata bisa memperpendek jarak yang semestinya 1 jam, 40 menitan, bahkan bisa 15 menit,” ungkapnya.

Menurut Walikota Palembang H Harnojoyo, alhamdulilah hari ini kita sudah melaksanakan penutupan TMMD ke 116 di kecamatan Sematang Borang ini, mudah-mudahan apa yang telah dilaksanakan oleh Dandim didaerah ini akan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

 

 

“Kami berharap nanti terkait dengan program TMMD ini kedepan jangan hanya satu kecamatan, bila perlu di banyak kecamatan,” katanya.

 

Dilanjutkannya, karena masyarakat sangat memperhatikan kegiatan-kegiatan yang semacam ini. Dalam waktu dekat, cepat, selesai, kemudian banyak lagi kegiatan-kegiatan  bukan hanya jalan, tetapi bedah rumah, MCK, sunatan massal dan kegiatan-kegiatan sosial seperti lainnya.

 

“Kami atas nama Pemkot Palembang mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dandim 0418 kota Palembang yang telah melaksanakan TMMD dengan baik dan lancar,” imbuhnya.

 

Begitu juga disampaikan Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, S.IP., M.B.A., M.Han, mengatakan kegiatan TMMD seperti biasa ini yang ke 116 tahun anggaran 2023 ada beberapa sasaran baik yang fisik ataupun non fisik.

 

“Dimana sudah sebagian sudah, bukan sebagian besar sudah tercapai 100 persen semuanya baik yang fisik dan non fisik,” ucapnya.

 

Masih dilanjutkannya, bahkan ada beberapa sasaran yang surplus disesuaikan dengan target sebenarnya tapi ada beberapa sasaran tambahan. Karena sebelum ditentukan sasaran ini, ada konsultasi dahulu dengan Pemkot Palembang, dan ini juga merupakan aspirasi masyarakat.

 

“Kalau perawatan tentunya semua pihak harus terlibat, karena ini sayang kita sudah membangun jalan yang 865 meter ini, dan sangat efektif untuk mempersingkat perjalanan masyarakat,” bebernya.

 

Masih disampaikannya, tentunya seluruh komponen masyarakat itu ikut serta dalam merawatnya, dan mungkin saya kira perlu ada peningkatan sehingga bisa digunakan lebih tinggi  lagi untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di jalan tersebut.

 

 

“Kita ketahui bersama kegiatan ini selain memang sudah program yang diprogramkan tahunan, dan tentunya melibatkan seluruh elemen  masyarakat, TNI, polri, pemerintah, dan seluruh masyarakat, dan kita harapkan ada jiwa gotong royong untuk merawatnya,” jelasnya. (Anton)

 

Pos terkait