Masagus Ustad Yayan Fauzan Adalah Sosok Yang Bisa Untuk Maju Jadi Cawako Palembang

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Waktunya Palembang punya Walikota dari Zurriyat Palembang yakni Masagus Ustad Yayan Fauzan Siap, di mana kota Palembang termasuk salah satu kota kuno dan terkenal di Nusantara.

 

Terbukti serta tercatat bahwa kota Palembang berdiri pada 683 dan kini berusia 1341 tahun.

 

Nomor dua tertua di Asia Tenggara setelah Hanoi, Vietnam. Kota ini tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Kedatuan Sriwijaya yang pernah menjadi imperium besar di kawasan Asia Tenggara.

 

Wilayah pengaruhnya mencapai Malaysia, Kamboja, Jawa, Kalimantan hingga seluruh pulau Sumatera.

 

Ketika Palembang menjadi pusat kekuasaan Islam yaitu Kesultanan Palembang di wilayah bagian selatan pulau Sumatera, Palembang tetap menjadi wilayah strategis yang menawan karena lokasinya terhubung secara langsung dengan Selat Malaka dan Laut China Selatan sebagai jalur perdagangan internasional yang sibuk sejak dahulu kala, demikian diutarakan Syahrul Efendi Dasopang, Mantan Ketua Umum PB HMI

 

Dikatakan Mantan Ketua Umum PB HMI Syahrul Efendi Dasopang, itulah sebabnya, penjajah Eropa berusaha menaklukkan Palembang untuk mengontrol ekonomi dan perdagangan yang menghubungkan pedalaman Sumatera melalui Sungai Musi, Pulau Jawa, China Daratan dan Asia Tenggara pada umumnya hingga meluncur ke India, Timur Tengah hingga Eropa.

 

“Karena kota ini memang merupakan pusat perdagangan yang strategis, sejak dahulu banyak suku bangsa hadir di Palembang untuk berdagang, sebagai penghubung maupun untuk mencari penghidupan. Biar pun kota ini bersifat kosmopolitan, tetapi Islam begitu kuat dan dalam mempengaruhi penduduk dan budaya kotanya,” ujarnya.

 

Kemudian, setelah Indonesia merdeka, kota Palembang berubah menjadi ibukota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan kota Palembang sendiri dipimpin oleh seorang Wali Kota yang berperan memastikan tidak saja terjadinya kemakmuran, pemerataan, keadilan, keamanan, dan kemajuan, tetapi juga kelangsungan nilai, karakter, budaya dan religiusitas kota.

 

“Dalam rangka memastikan kemakmuran, pemerataan, keadilan, keamanan, dan kemajuan, dan juga kelangsungan nilai, karakter, budaya dan religiusitas kota, atas dorongan Zurriyat Palembang dan kerabat kota,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, di mana banyak yang merindukan atas kehadiran dan terpilihnya tokoh asli sebagai Wali Kota mendatang yang mengerti jiwa dan sejarah kota dan kebesaran sejarah kota Palembang sehingga lebih mantap untuk diandalkan guna membawa kota Palembang lebih berjaya dan masyhur.

 

“Masagus Ustad Yayan Fauzan, yang dikenal luas sebagai keturunan langsung ulama terkenal dari Palembang, yaitu Kyai Marogan, dan telah lama berkiprah mewarnai perbaikan masyarakat Palembang, tengah digadang-gadang untuk maju bersaing sebagai calon wali kota,” katanya.

 

Masih dilanjutkannya, sosok ini tepat untuk memimpin kota Palembang agar kota yang ramah, damai, makmur, religius dan berbudaya, dapat terasa dan terwujud langsung di kota ini, mengingat Masagus Yayan Fauzan merupakan warga asli kota ini.

 

“Selain masih muda dan energik, dia juga memiliki relasi yang luas secara nasional dan yang  terpenting bersih dari dunia korupsi. Ketokohannya tumbuh tanpa rekayasa, ke terkenalan nya seirama dengan kiprahnya dalam memperbaiki moral dan keberagamaan masyarakat kota Palembang,” ucapnya.

 

Masih disampaikannya, untuk memastikan kota Palembang dipimpin langsung salah seorang Zurriyat Palembang, tidak bisa tanpa dukungan dan gotong royong seluruh warga yang menginginkan kota Palembang yang BERUBAH dan LEBIH ELOK.

 

“Perubahan tata kelola kota dan harapan akan keelokan kotanya, harus sama-sama dipikul dan diperjuangkan. Masagus Ustad Fauzan Yayan, jika terpilih sebagai Wali Kota Palembang akan datang, adalah jawabannya. Kita harus percaya pada kemampuan Zurriyat Palembang untuk memimpin kotanya sendiri. Tanpa kita, siapa lagi,” imbuhnya.(Yanti)

 

Pos terkait