Mulai Tanggal 2 April 2024 Kita Mensosialisasikan Zakat Fitrah Dan Mal, Ini Yang Diungkap Ketua BAZNAS Kota Palembang

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Dalam rangka akan menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi yang sekarang sudah masuk di belasan hari lagi menuju hari yang fitri, maka dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Palembang saat ini sedang melakukan sosialisasi mengenai pentingnya untuk berzakat setelah kita melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024, demikian diutarakan Ketua BAZNAS Kota Palembang Ki Agus Ridwan Nawawi.

 

Dikatakan Ketua BAZNAS Kota Palembang Ki Agus (Kgs) Ridwan Nawawi, alhamdulillah hasil rapat bersama pemerintah kota Palembang yang mana  kota Palembang, Majelis Ulama Indonesia (MUI), BAZNAS dan dengan beberapa organisasi lainnya, sepakati untuk beras yakni 2,5 kilogram atau kalau kita uangkan jumlahnya yakni Rp 37.500.

 

“Kita untuk zakat fitrah ini sudah kita serahkan kepada masjid dan musholla yang ada di kota Palembang, kalau zakat fitrah tidak ada targetnya,” ujarnya.

 

Kemudian, kalau untuk zakat mal baru ada target, Insya Allah kita targetkan sebesar 1 Miliyar, tapi kalau zakat fitrah kita serahkan ke masjid dan musholla se kota Palembang. Kami juga membuka zakat fitrah untuk tahun ini, tahun ini juga kita membuka, di mana tahun kemarin belum kita buka zakat fitrah.

 

“Siapa pun yang mampu membayar zakat fitrah baik dari pemerintah, masyarakat, atau lewat online bisa yakni melalui transfer ke rekening dan bank yang kerjasama dengan BAZNAS kota Palembang,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, kita sosialiasi sudah awal bulan, bahkan dari awal bulan suci ramadhan 1445 Hijriah/2024, dan juga kepada masyarakat kita memasang spanduk-spanduk sosialisasi untuk membayar zakat fitrah dan zakat mal. Dimana insya Allah mulai hari Selasa nanti tanggal 2 April 2024 nanti kita menerima zakat mal dari para pejabat-pejabat.

 

“Di mana selain dari kepala dinas hingga kepada kepala bidangnya, dan pada tahun kemarin kita belum membuka untuk zakat fitrah, tapi tahun ini baru menerima, tahun kemarin kita serahkan ke masjid dan musholla,” katanya.

 

Masih dilanjutkannya, tapi tahun kemarin untuk zakat mal sebesar 700.000.000 lebih kurang yang kita dapat, dan target kita saat ini yakni 1 Milyar. Dimana kita sangat optimis untuk tahun ini, karena kita ketahui untuk harga beras sekarang mulai turun, dan geliat ekonomi masyarakat sudah mulai stabil.

 

“Insya Allah mudah-mudahan dengan stabilnya ekonomi masyarakat dan stabilnya harga mulai turun ini menunjukkan hal-hal yang baik. Sedangkan untuk zakat fitrah boleh saja lebih dari 2,5 kilogram, bahkan sangat boleh, di mana itu minimal, diatas itu pun boleh,” ucapnya.

 

Masih disampaikannya, di mana untuk yang zakat fitrah kita serahkan kepada kemampuan mereka, ada yang diatas 2,5 kilogram. Dimana kita di minta untuk membayar zakat fitrah itu sesuai dengan apa yang kita makan, atau beras yang terbaik untuk di serahkan untuk bayar zakat fitrah.

 

“Kita tidak ada target untuk zakat fitrah, tapi zakat mal, dan kita himbau kepada masyarakat kota Palembang silahkan salurkan zakat fitrah dan zakat mal nya melalui UPZ-UPZ yang ada di masjid dan musholla atau bisa ke BAZNAS kota Palembang,” imbuhnya.(Anton)

 

Pos terkait