Para Akademisi Dilibatkan Penilaian, Ini Disampaikan Kepala Dinas ESDM Sekaligus Ketua Bidang Perlombaan

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2024 yang ke 78, maka akan di lakukan berbagai perlombaan dan kegiatan untuk memeriahkan daripada peringatan HUT Provinsi Sumsel ke 78 nantinya.

 

Dimana salah satu lomba yang akan dilaksanakan adalah Kebersihan dan Keindahan kantor untuk masing-masing OPD dan rumah sakit yang ada di Sumsel ini akan ikut memeriahkan serta ikut mempersiapkan semuanya untuk bisa menang didalam perlombaan ini.

 

Demikian diutarakan Ketua Tim Bidang Perlombaan Kebersihan Kantor, Badan, dan Rumah Sakit yang ada di Sumsel yang juga sebagai kepala dinas energi sumber daya mineral dan batubara (minerba) provinsi Sumsel Hendriansyah, S.T., M.Si.

 

Dikatakan Ketua Tim Perlombaan Kebersihan dan Keindahan, jadi kita sudah bentuk team beberapa OPD ada dari Inspektur Sumsel, Inspektorat Sumsel, Badan Litbangda Provinsi Sumsel, dan BPSDM Provinsi Sumsel. Sudah kita rapatkan, kemudian sudah menunjuk panitia, dan team juri yang terdiri dari akademisi.

 

“Jadi memang kita usahakan untuk tahun 2024 ini dalam rangka peringatan HuT yang ke 78 ini team penilainya benar-benar independent diluar dari OPD, dan diluar kita pemerintah provinsi jadi kita menunjuk yang independent dari akademisi,” ujarnya.

 

Kemudian, kita kan berharap melalui lomba kebersihan dan keindahan kantor ini menciptakan satu tempat kerja yang baik, yang bersih, membuat nyaman, sehingga pada saat bekerja kita betah berada di tempat kerja. Pertama tentu yang di nilai itu kebersihan, kebersihan halaman kantor dan keindahannya, serta kebersihan dan keindahan ruang kerja.

 

“Selain itu juga fasilitas seperti toilet harus juga bersih, ada inovasi-inovasi lain, misalnya penataan taman dan lain-lainnya. Jadi nanti itu sudah ada standar penilaian dari team jurinya, jadi dia sudah buat, sudah disampaikan ke panitia apa saja yang harus di nilai,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, penilaiannya itu dimulai dari tanggal 25 sampai 28 April 2024, nanti surat pemberitahuan ke OPD-OPD sudah di tandangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel dan sudah kita sebarkan. Dimana itu seluruh OPD kecuali Sekretaris Dewan (Sekwan) dan Sekretariat, jadi seluruh OPD termasuk rumah sakit, kecuali Sekwan dan Sekretariat.

 

“Team juri itu akan berkeliling ke seluruh OPD-OPD tersebut untuk melakukan penilaian, dimana jurinya sendiri ada 3 orang yakni semua dari akademi, tidak ada unsur umpamanya dari dinas A atau dinas B, semuanya dari luar dan di SK kan oleh Gubernur Sumsel,” katanya.

 

Masih dilanjutkannya, untuk team jurinya sendiri yakni dari dosen, bukan mahasiswa, jadi memang dosen yang berkompeten untuk urusan yang kebersihan dan keindahan ini, misalnya dari Politeknik Pariwisata, Universitas Muhammadiyah, dan Universitas Sriwijaya. Kita berharapĀ  OPD-OPD itu sebenarnya ada atau tidak adanya lomba, mereka harus mempersiapkan kantornya dengan baik.

 

“Sehingga dengan kebersihan, keindahan di kantor itu membuat suasana kerja menjadi baik, kinerja lebih meningkat, proses pelayanan kepada masyarakatnya dengan kondisi kantor yang bersih dan baik itu menjadi lancar,” ucapnya.

 

Masih diungkapkannya, kalau untuk di kantor dinas ESDM Sumsel sendiri sebenarnya kita dari dahulu sudah melakukan perubahan misalnya di kebersihan, di taman, di toilet, di kawasan ruang kerja itu sudah kita tekankan ke seluruh pegawai untuk bersih dan indah, agar kita betah berada di kantor. Karena kita dari mulai jam 07.30 WIB – 16.00 WIB berada di kantor bukan berada di tempat lain, sehingga tempat kita bekerja itu harus benar-benar kondusif untuk mendukung kinerja lebih baik.

 

“Kita sudah sampaikan ke dewan juri tidak boleh dipengaruhi oleh siapa pun keputusan dewan juri, jadi benar-benar untuk sekarang ini penilainya seobjektif mungkin, jadi kalau memang 1 OPD itu layak menjadi pemenang, maka itu benar-benar layak dan tidak ada pesanan-pesanan, dan itu akan di SK kan oleh Gubernur Sumsel,” imbuhnya. (Anton)

 

Pos terkait