Bawaslu Sumsel Gelar Apel Persiapan Tahapan Kampanye, Ada Beberapa Hal Yang disampaikan Ketua Bawaslu Sumsel

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

Di dalam apel siaga pengawasan tahapan kampanye pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 yang di laksanakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini dihadiri langsung Penjabat (PJ) Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili oelh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretriat Daerah (Setda) Provinsi Drs H Edward Candra, M.H, di mana apel ini sendiri dipusatkan di halaman kantor Bawaslu Provinsi Sumsel.

 

Turut hadir di dalam kegiatan apel siaga ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel Dr Hj RA Anita Noeringhati, S,H., M.H, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, S.I.K, Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Kurniawan, para komisioner Bawaslu Provinsi Sumsel, dan undangan lainnya, Senin (27/11/2023).

 

Dikatakan Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Kurniawan, di mana pada hari ini kita sengaja berkumpul di lapangan kantor Bawaslu provinsi Sumsel, kita ingin mengabarkan atau memberitahukan kepada masyarakat provinsi Sumsel bahwa Bawaslu provinsi Sumsel dan beserta jajarannya siap mengawasi tahapan kampanye.

 

Tentunya dalam mengawasi tahapan kampanye ini oleh kita semua yang pertama harus paham dan tahu aturan-aturan dalam pengawasan tahapan kampanye.

 

“Di mana tahapan kampanye ini akan berlangsung mulai tanggal 28 November 2023, besok itu sudah mulai masuk masa kampanye,” ujarnya.

 

Kemudian, masa kampanye ini adalah merupakan tahapan yang krusial yang biasanya terjadi, jadi dalam mengawasi tahapan kampanye ini tentunya butuh perencanaan, butuh pemetaan potensi-potensi rawan pada tahapan kampanye ini.

 

Di samping itu juga tentunya kita semua dalam melakukan pengawasan tahapan kampanye ini butuh energi yang kuat, badan yang sehat, dan pengetahuan yang luas.

 

“Dalam kesempatan ini juga, masuk pada masa tahapan kampanye ini mari kita bergerak, koordinasi dan komunikasi kita dengan stakeholder yang ada,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, seperti dengan Kepolisian, Kejaksaan yang ada di GAKKUMDU, dengan pemerintah daerah (Pemda) yang selama ini mungkin sudah terjalin komunikasi dengan baik, maka mulai tahapan kampanye ini, koordinasinya dan hubungannya dipererat kembali.

Sehingga di dalam pengawasan tidak ada hal-hal yang terjadi di luar jangkauan kita, dengan koordinasi mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar.

 

“Seperti kita ketahui bersama bahwa di tahapan kampanye ini tentunya ada beberapa metode kampanye, mulai tatap muka, pertemuan terbatas, penyebaran alat peraga kampanye, dan sebagainya, tentunya itu akan dilakukan oleh peserta pemilu,” katanya.

 

Masih dilanjutkannya, baik itu untuk legislatif yakni Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), DPD Republik Indonesia, maupun calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, tentunya timnya yang ada di provinsi Sumsel ini.

 

Tentunya kami siap untuk melakukan pengawasan tahapan kampanye yang akan berlangsung selama 75 hari ke depan, untuk itu jaga kesehatan, jaga komunikasi kita kepada semua pihak, sepertinya ini sangat penting.

 

“Karena masa kampanye 75 hari ini, tentunya kita harus benar-benar siap untuk melaksanakan pengawasan kampanye di sampai ke seluruh pelosok yang ada di provinsi Sumsel ini,” ucapnya.

 

Masih disampaikannya, oleh karena itu juga di dalam kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh yang telah hadir di dalam acara ini, ketua Bawaslu kabupaten/kota, dan aparat kepolisian yang telah mengikuti apel siaga pengawasan tahapan kampanye ini.

 

Tentunya ini semua patut disyukuri kita sudah bisa beranjak ke tahapan kampanye ini, jadi kalau sudah berjalan tahapan kampanye tentunya akan ada tahapan yang lain, dan kita bekerja mungkin sampai ke tahapan sengketa, jika ada nanti di Mahkamah Konstitusi.

 

“Jadi jaraknya cukup panjang untuk kita bekerja dalam mengawasi tahapan yang sedang berjalan, atau yang belum berjalan, dan terima kasih sekali lagi serta selamat untuk menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya. (Anton)

 

Pos terkait