Dalam Rangka Peringatan Hari Kesatuan Penggerak PKK Ke 52 Berikut Dilakukan Dan Beberapa Hal Disampaikan Terkait Giat Ini

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel Elen Setiadi, S.H., MSE yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Zulkarnain, S.E., M.M menghadiri serta membuka secara resmi kegiatan lomba masak serba ikan dan peringatan Hari Kesatuan Penggerak PKK Ke 52 Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel, Rabu (11/9/2024).

 

Turut hadir didalam kegiatan ini yakni Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumsel Meiza Elen Setiadi, SE, Ketua DWP  Provinsi Sumsel Hj Desi kasnayati Edward Candra, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel Aries Irwan Wahyu, S.STP.I., M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Provinsi Sumsel, Kadis Perdagangan Provinsi Sumsel, Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumsel, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumsel, para Ketua TP PKK 17 kabupaten/kota se Sumsel, dan undangan lainnya.

 

Dikatakan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel Zulkarnain, S.E., M.M, peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 52 ini merupakan momentum penting bagi kita semua dalam memaknai perannya, karena PKK sebagai mitra pemerintah selama ini mampu mewujudkan peran dan tanggung jawabnya sebagai motivator dan dinamisator ditengah masyarakat untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat.

 

“Dimana ketahanan pangan dan stunting masih menjadi isu prioritas nasional, menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2020 dari 17 negara, Indonesia termasuk didalam 17 negara mempunyai masalah terhadap tumbuh kembang yaitu Sunting (kekerdilan) 31,8 persen, Wasting (kecerdasan rendah) 12,1 persen, dan Oberweight (obesitas) 11,9 persen,” ujarnya.

 

Kemudian, seperti kita ketahui ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh dan tumbuh kembang anak, karena ikan kaya akan Omega-3, yang berperan penting dalam mendukung kesehatan dan kecerdasan otak. Dimana pemerintah sangat mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan dimasyarakat, yang mana angka konsumsi ikan di Sumsel pada tahun 2023 sebesar 43,68 kg/kap/tahun, serta ini masih jauh dengan angka konsumsi ikan nasional yaitu 50 kg/kap/5ahun.

“Maka dari itu, perlu dilakukan strategi-strategi dalam meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat seperti kampanye, edukasi, dan promosi makan ikan harus dilakukan secara masif, dan terstruktur agar lebih berdampak pada peningkatan pemahaman/kesadaran (awareness) masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, saya berharap melalui lomba masak serba ikan ini, akan lahir berbagai inovasi dan kreatifitas dalam mengolah ikan, dengan menyajikan berbagai menu inovasi masakan serba ikan diharapkan dapat menggairahkan masyarakat agar gemar, senang, dan cinta makan ikan dengan olahan-olahan yang tidak membosankan dan menarik sebagai menu makanan. Sehingga upaya peningkatan konsumsi ikan dan kecukupan gizi pada masyarakat untuk penurunan stunting dapat terpenuhi.

 

“Saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Penggerak PKK yang ke 52, semoga peringatan ini semakin memperkuat semangat kita semua untuk terus bergerak, berinovasi, dan berkontribusi dalam membangun keluarga yang sejahtera, mandiri, dan berkepribadian,” katanya.

 

Menurut Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Sumsel  Meiza Elen Setiadi, SE, saya sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini, karena lomba masak serba ikan tidak hanya sebagai ajang menunjukkan kebolehan dalam mengolah berbagai macam jenis ikan, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan promosi bahwa pentingnya konsumsi ikan dalam kehidupan sehari-hari. Marilah kita terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat dalam rangka penanganan gizi buruk dan pencegahan stunting.

 

“Sehingga masyarakat Sumsel menjadi masyarakat yang sehat, kuat, dan memiliki kecerdasan yang tinggi, yang mana sesuai dengan tema dengan lomba masak serba ikan mewujudkan generasi emas yang sehat dan cerdas,” ucapnya.

 

Begitu juga disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel Irwan Wahyu, S.STP.I., M.Si, di mana disini saya melaporkan bahwa LMSI tahun 2024 yang disinergikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 52 merupakan momen yang istimewa bagi kita semua, terutama bagi para penggerak PKK. Untuk peringatan HKG PKK tahun ini merupakan wujud komitmen kita untuk memperkuat peran PKK dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat. Adapun tema kegiatan kali ini yakni “Dengan masak serba ikan mewujudkan generasi emas yang sehat dan cerdas”.

“Adapun peserta kegiatan LMSI Tingkat provinsi Sumsel tahun 2024 merupakan pemenang (juara I) LMSI Tingkat Kabupaten/Kota se Sumsel yang diselenggarakan sejak bulan Mei sampai Agustus 2024 yang lalu. Sedangkan untuk juri yang menilai LMSI Tingkat Provinsi tahun 2024 salah satunya juara Chef Association, 1 orang ahli gizi, dan 1 orang ahli tata boga,” imbuhnya.

 

Masih disampaikannya, selanjutnya pemenang LMSI Tingkat Provinsi ini akan diikutkan pada LMSI Tingkat Nasional pada puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) di Jakarta pada bulan November 2024. Alhamdulillah tahun 2023 yang lalu provinsi Sumsel mendapatkan Juara Favorit LMSI Tingkat Nasional yang diwakili oleh TP PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Kami harapkan bimbingan dan dukungan dari Penjabat Gubernur Sumsel dan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Sumsel agar prestasi provinsi Sumsel pada LMSI Tingkat Nasional tahun ini akan menjadi lebih baik lagi.

 

“Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan LMSI adalah menyebarluaskan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu makanan keluarga berbahan baku ikan. Dan kegiatan ini sendiri tidak terlepas dari bantuan seluruh pihak terkait, serta pihak swasta lainnya,” bebernya. (Anton)

 

Pos terkait