Disperkim Provinsi Sumsel Gelar Bimtek Pemeliharaan Bangunan dan Gedung, Berikut Disampaikan Kepala Disperkim Sumsel

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Sumsel menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeliharaan Bangunan dan Gedung.

 

Adapun tema pada kegiatan ini sendiri yakni Penilikan Bangunan dan Gedung, dimana kegiatan ini sendiri diikuti semua Peserta yang merupakan Penilik Bangunan Gedung di Dinas Teknis  Di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel dan Pegawai di Disperkim Provinsi Sumsel, dan kegiatan ini dihadiri langsung serta dibuka langsung Kepala Disperkim Provinsi Sumsel Ir H Novian Aswardani, S.T., M.M., IPM, ASEAN.Eng melalui Kepala Bidang PBL Disperkim Sumsel Dr Ir KM Aminuddin, S.T., M.T., IPM.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Pejabat Fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Madya Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) Ir Mochammad Sulton Sahara, M.Eng selaku narasumber, Pejabat Fungsional Perekayasa Ahli Madya Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian PUPR RI Ade Erma Setyowati, S.T., MEcDev selaku narasumber.

 

Selain itu juga, ada dari Pejabat Fungsional Penata Kelola Bangunan Gedung dan Kawasan Permukiman Ahli Muda Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian PUPR RI Ilham Hussein Rasyid, S.T., M.T selaku narasumber, Pejabat Fungsional Penata Kelola Bangunan Gedung dan Kawasan Permukiman Ahli Muda Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian PUPR RI Yulia Rahmawati, S.T selaku narasumber.

 

Dikatakan Kepala Disperkim Provinsi Sumsel Ir H Novian Aswardani, S.T., M.M., IPM, ASEAN.Eng melalui Kepala Bidang PBL Disperkim Sumsel Dr Ir KM Aminuddin, S.T., M.T., IPM, mempedomani Peraturan Pemerintah RI Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung Penyelenggaraan Bangunan Gedung adalah kegiatan pembangunan yang meliputi perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi, serta kegiatan pemanfaatan, pelestarian, dan pembongkaran dimana proses Penyelenggaraan Bangunan Gedung ini dilaksanakan melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG).

“Adapun Latar belakang dibentuknya SIMBG bertujuan agar Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat dapat bersinergi dalam sosialisasi dan pemantauan persetujuan bangunan gedung yang diselenggarakan di Indonesia,” ujarnya.

 

Kemudian, dimana Pemda dalam hal ini Provinsi menggunakan SIMBG untuk memantau Penyelenggaraan Bangunan Gedung pada tingkat provinsi. Dengan adanya SIMBG mempermudah masyarakat dan pelaku usaha terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang semula maksimal 3 bulan menjadi hanya 28 hari sehingga menyederhanakan dan mempermudah penerbitan PBG dan SLF.

 

“Ini sesuai dengan peraturan yang berlaku dan melakukan standardisasi regulasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung di Indonesia. Untuk menyelenggarakan SIMBG diperlukan pelaku penyelenggara Bangunan Gedung yang terdiri dari Sekretariat, TPA, TPT,  dan Penilik Bangunan Gedung,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, Pemprov Sumsel selaku Pembina Pemerintah Kabupaten/Kota selalu konsisten untuk melakukan pembinaan kepada Sekretariat, TPA, TPT, dan Penilik sebagai upaya untuk mendukung percepatan penyelenggaraan Bangunan Gedung melalui SIMBG. Disperkim Provinsi Sumsel mengadakan Bimtek untuk meningkatkan kompetensi Penilik Bangunan Gedung agar berkompeten untuk melakukan pemeriksaan Bangunan Gedung secara administratif dan melakukan inspeksi pada masa konstruksi, pemanfaatan, serta pembongkaran Bangunan Gedung di lapangan.

 

“Terhadap penyelenggaraan Bangunan Gedung untuk memastikan kesesuaian dengan PBG yang diterbitkan sehingga proses Penyelenggaraan Bangunan Gedung melalui SIMBG agar dapat berlangsung tertib dan tercapai keandalan Bangunan Gedung yang sesuai dengan fungsinya, serta terwujudnya kepastian hukum,” katanya.(Anton)

 

Pos terkait