HUT IBI, IDM Digelar Berbagai Kegiatan, Kepala Dinkes Sumsel Sampaikan Ini Kepada PD IBI Provinsi Sumsel

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Badan Indonesia (IBI) ke 78 dan Internasional Day of the Midwife (IDM) tahun 2024 maka organisasi IBI akan melaksanakan berbagai kegiatan salah satunya mendukung program pemerintah di bidang imunisasi.

 

Sesuai instruksi dari Pengurus Pusat (PP) IBI saat rapat koordinasi (rakor) antara PP, Pengurus Daerah (PD) dan Pengurus Cabang (PC) Seluruh Indonesia (Selindo) pada tanggal 18 April 2024, maka seluruh PD dengan PC akan melaksanakan kegiatan Sepekan Imunisasi tanggal 23-29 April 2024.

 

Selain itu juga akan dilaksanakan launching yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada tanggal 23 April 2024, demikian diutarakan PD IBI Provinsi Sumsel Hj Lisa Mora Braksan, S.Sos., M.Kes.

 

Dikatakan Ketua PD IBI Provinsi Sumsel Hj Lisa Mora Braksan, S.Sos., M.Kes, dimana kita hari ini melaksanakan bakti sosial dalam rangka bulan bhakti IBI, IDM HUT IBI Ke 78 tahun dan Pekan Imunisasi Dunia pada tahun 2024.

 

“Adapun tema kegiatan ini sendiri yakni “peran bidan dalam penguatan sistem ketahanan nasional pada krisis iklim melalui sinergi dan kolaborasi,” ujarnya.

Kemudian, di mana pelayanan imunisasi serempak oleh Bidan pada tanggal 23 sampai 29 April 2024, dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) kemitraan dengan BKKBN pada tanggal 08 Mei sampai 08 Juni 2024.

 

“Adapun kegiatan ini sendiri kita pusatkan di Klinik Bidan Hj Rusmiati di jalan Ki Merogan Rukun Tetangga (RT) 41, Rukun Warga (RW) 08 Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati Palembang,” ungkapnya.

 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dr H Trisnawarman, M.Kes., SpKKLP, dengan puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia dan hidayah-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka Launching Kegiatan Sepekan Imunisasi Tahun 2024.

 

Saat ini Indonesia merupakan negara ke 3 terbesar di dunia dengan jumlah anak yang belum mendapatkan imunisasi.

 

“Sehingga upaya peningkatan cakupan imunisasi dan penanggulangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) perlu segera kita lakukan,” katanya.

 

Dilanjutkannya, IBI merupakan organisasi profesi yang mendukung program pemerintah di bidang imunisasi dan Peran Bidan dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi.

 

Oleh karena itu sebagai bentuk dukungan Pelayanan Imunisasi pada Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan dalam rangka memperingati HUT IBI ke 73 di Tahun 2024, dan Hari Bidan Sedunia Tahun 2024, IBI akan menyelenggarakan pelayanan imunisasi dalam kegiatan Sepekan Imunisasi tanggal 23-29 April 2024.

 

“Harapan saya, semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah anak yang mendapatkan imunisasi lengkap sehingga mengurangi jumlah Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), dan Herd Immunity bisa terbentuk,” ucapnya. (Anton)

 

Pos terkait