IRMAS BABUL IHSAN Sukajaya Bangkitkan Kegiatan Ekonomi Rakyat Melalui “Bazar Santri (BASAN)”

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

‘Ikatan Remaja Masjid Babul Ihsan, jalan kaur sukabangun 2 RT  63 RW .09 Sukajaya Sukarami Palembang,melakukan kegiatan dengan membuat karya yang bermanfaat dengan nama BASAN FESTIVAL, dengan mengambil Tema Meningkatkan swadaya masyarakat dari Masjid. Kegiatan ini dilaksanakan minggu dini hari tadi tanggal 6 Oktober 2024.

 

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian dan UMKM yang ada disekitar masjid terutama BUMM (Badan Usaha Milik Masjid) yang dirancang untuk menjadi poros memperkuat perekonomian masyarakat sekitar’.Ujar Ketua Masjid Babul Ihsan, AKBP Rahmat Sihotang kepada Awak Media di sela-sela kegiatan basan tersebut.

 

Perwira Dirpolairud Polda Sumsel tersebut mengatakan ‘bahwa pelaksanaan Basan Festival ini merupakan langkah awal untuk memajukan ekonomi warga sekitar namun tetap tujuannya adalah untuk memakmurkan masjid.

“Basan Festival merupakan kumpulan rangkaian kegiatan, dimulai dengan ceramah subuh, jalan santai bersholawat, senam pagi, dan juga salah satunya terdapat Bazar “Expo” basan, dan salah satu tenan di sana merupakan milik Remaja Masjid Babul Ihsan yang mana mereka menjual makanan dengan harga yang disesuaikan dengan harga modal, nantinya ketika sudah berhasil,melalui BUMM (Badan Usaha Milik Masjid) inilah akan dapat membantu saudara-saudara yang membutuhkan, contohnya seperti membantu membayarkan SPPnya, membantu modal usaha, dan memberikan solusi finansial kepada jamaah, sehingga Masjid itu bukan cuma dijadikan tempat sholat saja, akan tetapi juga merupakan pusat perekonomian, pusat pemberi solusi bagi jamaahnya,” ungkapnya.

 

‘Alhamdulilah Kegiatan ini di ikuti kurang lebih  oleh 100 peserta yang terdiri dari warga, dan remaja-remaja masjid dari beberapa masjid Palembang. Dalam bazar yang bernama Basan Expo terdapat 8 tenan yang terdiri dari 2 tenan remaja Masjid Babul Ihsan berupa kopi gratis dan jajanan Gez Z. Lalu diikuti dengan 6 tenan lainnya yang berasal dari UMKM sekitar masjid, UMKM remaja masjid lain, dan juga UMKM dari luar wilayah jalan kaur,” tambahnya.

 

Selain itu ketua Ikatan Remaja Masjid Babul Ihsan Nazhellio Ahsanul Muchlis, mengatakan ‘bahwa kegiatan ini memiliki antusias yang sangat baik dan tujuan yang mulia.

“Alhamdulillah untuk kegiatan yang dilakukan oleh ikatan remaja Masjid Babul Ihsan diterima dengan antusiasme warga yang sangat baik, untuk diwilayah kami warga sudah sangat percaya pada kami IRMAS BASAN, sehingga kepercayaan mereka kami jawab dengan membuat kegiatan yang bermanfaat, dan positif serta berdampak bagi warga sekitar, Alhamdulillah sejak 22 Januari 2021 lalu kami dibentuk sampai saat ini kepercayaan dari orangtua kami dan masyarakat jalan kaur terus meningkat, kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan memberikan kebermanfaatan dilingkungan kami tinggal,” kata Nazhellio. (Yanti/ril)

 

Pos terkait