Isak Tangis Warnai Perpisahan SMANSA SIMBA

Oleh: Putri Simba

Simpang Rimba. Berita Suara Rakyat. Com

Bertepatan pada hari selasa (7/5/2024) suasana haru mewarnai acara perpisahan di SMA Negeri 1 Simpang Rimba yang beralamat di Jl. Bating Tikal Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan.

 

Sebanyak 147 siswa -siswi Smansa Simba yang telah mengikuti ujian sumatif kelulusan dan segera menjadi alumni dengan dewan guru dan tenaga kependidikan lainnya. Suasana haru bahkan ada isak tangis itu terjadi, saat acara puncak digelar.

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Rimba, Nasir, S.Kom., dalam sambutannya mengatakan,  “perpisahan yang digelar sebelum pengumuman hasil ujian, merupakan terobosan baru. Ini dimaksudkan agar peserta didik lebih leluasa mengikuti dan memeriah acara perpisahan tanpa beban dan mengharapkan semua muridnya akan lulus 100 % juga bisa mendapatkan prestasi”.

 

“Pada akhirnya setiap pertemuan pasti diakhiri dengan perpisahan. Seperti itulah yang mereka rasakan karena sebagian jalan orang itu berbeda-beda. Dan saya menghimbau Bapak Ibu, mengharap sekali, tolong yang punya anak kelas XII itu dipantau. Bapak tidak izinkan kalian untuk konfoi-konfoi coret-menyoret di sekolah ataupun ditempat lain, dan untuk tahun ini tidak ada-konfoi-konfoi karena kita berdoa untuk supaya SMA ini bukan akhir dari perjalanan pendidikan tapi awal baru. Nah dari banyaknya jalan itu, pilihlah jalan yang terbaik untukmu, anak-anakku kelas XII. Sukses! Jangan menyerah dan tetap menjadi cahaya gemilang,” ucap Nasir S.Kom saat sambutannya.

Seluruh dewan guru dan pihak sekolah berharap agar  peserta didik bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi favorit. Wujudkanlah mimpi atau cita-cita kalian sehingga nanti menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, bangsa, agama, dan negara.

 

Kegiatan ini yang turut dihadiri oleh tamu-tamu undangan penting di antaranya adalah dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Propinsi Bangka Belitung; DR.H. Wahyudi Himawan, S.Si,M.T, Bapak Haji Jamro, Kepala Sekolah SMKN 1 Simpang Rimba, Kepala Sekolah SMPN 1,2, 3 Simpang Rimba, Camat, KUA,Polsek, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah SD, Kades Bangka Kota, Ketua Komite, mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Simpang. Rimba; Yudi Sapriyanto S.Pd,M.M., dan DR. Hamdan S.Pd,M.M,

Serta undangan lainnya yangg tidak dapat disebutkan satu persatu yang mendapat perlakuan cukup istimewa.

 

Tamu undangan memasuki arena perpisahan berbaris dengan urut satu persatu menapaki bentangan karpet merah sembari melewati koridor bunga yang khusus dibuat untuk mereka.

 

Dalam kesempatan itu, pihak sekolah juga memberikan apresiasi dan tanda mata kepada beberapa siswa kelas XII yang berprestasi gemilang.

 

Sementara itu, Aisyah mewakili siswa kelas XII dalam kata perpisahannya mengucapkan terima kasih kepada dewan guru yang telah mendidik, membina, dan membimbing mereka selama tiga tahun. Mereka takbisa membalas jasa guru. Mereka hanya serahkan kepada Allah, semoga Allah membalasnya dengan amal jariyah dan pahala berlipat ganda.

 

Dalam acara pelepasan siswa kelas XII itu, ditampilkan pula tarian-tarian dan vokal solo dari siswa-siswa kelas X dan kelas XI sehinggga acara terlihat sangat semarak walau dibarengi dengan isak tangis dan rasa haru karena kenangan dan akan berpisah. Tidak hanya itu saja, pada acara tersebut juga dilakukan pisah kenang bersama kepsek tahun pelajaran 2019-2024; Yudi Sapriyanto S.Pd, M.M., sehingga acara tampak benar-benar haru dan berjalan sukses.

 

 

Pos terkait