Kegiatan ini sangat positif Sekali Dan Dari Pemprov Sumsel Akan Mendukung Jika Dilaksanakan Secara Berskala Didaerah

 

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

 

Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Drs Nelson Firdaus, M.M menghadiri serta membuka secara resmi pembukaan kegiatan Kejuaraan Terbuka Sumsel Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PERBAFI) Series XV Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumsel bersama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Sumsel.

 

Turut hadir di dalam acara tersebut Kepala Dispora provinsi Sumsel H Rudi Irawan, S.Sos., M.Si, yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid).Kepemudaan dan Olahraga Dispora Sumsel Drs M Dahlan, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani Herman Deru diwakili oleh Wakil Sekretaris KORMI Sumsel Yuyun Mahyuni, Sekretaris Kormi Sumsel sekaligus TGUPP Bidang Olahraga Di Pemprov Sumsel Eko Agus Sugianto, dan undangan lainnya.

 

Dikatakan Pj Gubernur Sumsel Dr Drs H Fathoni, M.Si yang diwakili Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Sumsel Drs Nelson Firdaus, M.M kejuaraan Binaraga terbuka ini dilaksanakan tentunya dalam rangka pembinaan pegiat-pegiat atau pecinta dunia fitness, dan kebugaran diera sekarang sudah menjadi gaya hidup anak muda.

 

“Fitness center sudah merebak hampir disetiap daerah, ini membuktikan bahwa kesadaran anak muda akan kebugaran fisik sudah meningkat,” ujarnya.

 

Kemudian, tentunya hal ini kita apresiasi dengan hadirnya kita di sini dalam kejuaraan Binaraga dan fisik dan berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perlunya menjaga kebugaran. PERBAFI Series tahun 2023 untuk pertama kalinya dilaksanakan di Sumsel, hal ini tentunya merupakan suatu kebanggaan bagi kami selaku tuan rumah.

“Terima kasih kepada Dispora Sumsel yang telah memberikan dukungannya kepada induk olahraga untuk dapat terus membina pegiatnya pada sebuah kompetisi tingkat nasional,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, berdiri di atas itu semua dengan kemandirian pegiat-pegiat serta induk olahraganya dan dukungan pemerintah, maka sudah sepatutnya kegiatan pada hari ini menjadi momentum kita untuk terus melangkah dan bersinergi dalam pembinaan prestasi olahraga serta memasyarakatkan kebugaran. Dimana Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yakni “Ayo Olahraga” singkat namun bermakna.

 

“Kegiatan ini sangat positif, dan saya mendukung jika dilaksanakan secara berskala didaerah, karena akan berdampak tidak hanya dari faktor acaranya saja,” katanya.

 

Menurut Kepala Dispora Provinsi Sumsel H Rudi Irawan, S.Sos., M.Si, yang diwakili oleh Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dispora Sumsel Drs M Dahlan, dasar pelaksanaan Sumsel PERBAFI Series ke XV sebagai berikut yakni dasarnya adalah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 71 Tambahan Lembar Negara Nomor 6782).

 

“Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Indonesia Bugar dan Berprestasi 2045, adapun maksud dan tujuannya sendiri adalah memasyarakatkan gaya hidup sehat dan kebugaran di masyarakat sehingga terwujudnya Sumsel Bugar 2024,” ucapnya.

 

Masih dilanjutkannya, untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kebugaran dan kesehatan dalam bentuk pelaksanaan suatu kejuaraan terbuka. Meningkatkan pembinaan dan prestasi pegiat olahraga binaraga dan fisik, memberikan dampak samping pada suatu kegiatan di bidang perekonomian khususnya UMKM dan Pariwisata di Daerah. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Palembang Indah Mall Kota Palembang pada tanggal 18-19 November 2023.

 

“Di mulai dari regristrasi, technical meeting dan juga pelaksanaan pertandingan, di mana dengan mengusung konsep Kejuaraan Terbuka tingkat Nasional. Adapun 4 kategori yang di pertandingkan yaitu A Kategori Jeans Model, B Kategori Men Fitness, C Kategori Men Sport Model, D Kategori Men Beach Model,” imbuhnya.

 

Masih disampaikannya, di mana peserta kegiatan ini diikuti oleh dari berbagai provinsi dan daerah di Indonesia. Adapun yang tercatat di panitia selain dari daerah kabupaten/kota di Sumsel, juga ada dari Provinsi Lampung, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Kepulauan Riau (Kepri), DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar)

 

“Perlu kami sampaikan juga kegiatan ini dapat terlaksana dengan dukungan penuh Pemprov Sumsel melalui Dispora Sumsel dan tentunya kami sampaikan kepada teman-teman peserta siapa pun yang akan menjadi juara hak kalian pasti akan diberikan namun penggunaan APBD memerlukan proses yang insya Allah tidak terlalu lama,” bebernya.(Anton)

 

Pos terkait