Penjabat Gubernur Sumsel Diwakili Asisten I Setda Sumsel Sampaikan Ini Terkait Kegiatan Ramadhan

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H H A Fathoni, M.Si yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) provinsi Sumsel menghadiri undangan Lanal Palembang dan Pelindo Cabang Palembang.

 

Adapun maksud kehadirannya yakni dalam rangka pengajian Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi bersama Pemprov Sumsel bersama Forkopimda Sumsel dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipusatkan di Masjid Nurul Ikhlas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)

 

Turut hadir dalam giat ini Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berserta Istri, Kepala Dinas Perhubungan berserta Istri, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) berserta Istri, Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) berserta Istri, Karo Umum dan Perlengkapan, serta Karo Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol

 

Dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumsel Drs H Edward Candra, M.H, saya hadir disini mewakili daripada pemprov Sumsel dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel mengucapkan terim kasih kepada jajaran Direksi PT Pelindo dan Danlanal yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat terlaksana dengan baik.

 

Tentunya kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antara pemerintah bersama Forkompimda, BUMN/BUMD serta masyarakat Sumsel.

 

“Dimana diakhir bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2025 Masehi nanti tentu akan terjadi puncak arus mudik, sehingga hal tersebut perlu kesiapan semua pihak agar mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib,” ujarnya.

 

Kemudian, diperkirakan arus mudik tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, oleh karen itu Pemprov Sumsel berharap PT Pelindo Palembang selalu operator pelabuhan yang melayani rute penyeberangan ke Bangka diharapkan dapat membantu untuk pelaksanaan kegiatan arus mudik dan arus balik.

 

Di tahun ini kami sangat mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Pelindo yang selama ini telah memberikan pelayanan kepada para pemudik dapat mudik dengan aman dan nyaman.

 

“Bulan suci Ramadhan, di mana bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, penuh pengampunan dan magfirah Allah SWT, sehingga kita dituntut untuk memanfaatkannya seoptimal mungkin agar kita dapat meraih taqwa yang Allah janjikan kepada Umat-Nya,” ungkapnya.

 

Dilanjutkannya, karena itu melalui bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, saya mengajak kepada kita sekalian untuk senantiasa menjadikannya sebagai sarana introspeksi, dalam menata dan memperbaiki diri sekaligus kita manfaatkan untuk menumbuh suburkan jiwa dan semangat beribadah sebagai upaya meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT menuju terbentuknya pribadi yang Muttaqin.

 

Dengan demikian, mari kita suasana kan Ramadhan sebagai media pendidikan, penggemblengan dan pembentukan akhlak serta wahana memperbanyak Amaliah, sehingga semua aktifitas yang dikerjakan jangan dijadikan beban, melainkan kita kerjakan dengan penuh keikhlasan semata mencari ridha-Nya.

 

“Sehingga selalu diniatkan untuk ibadah sehingga dengan puasa kita tidak justru malas bekerja karena alasan lapar dan dahaga, melainkan dapat memotivasi diri kita untuk terus memacu semangat berkarya dan beramal melalui optimalisasi tugas dan fungsi yang kita emban,” katanya.

 

Masih dilanjutkannya, bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan yang penuh kesabaran, selama berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian.

 

Ada 2 dimensi dalam puasa Ramadhan, yang pertama yaitu Hablum Minallah, hubungan manusia kepada Allah diwujudkan dalam ibadah puasa wajib bagi kaum muslimin, juga untuk melatih pengendalian diri, menanamkan sifat jujur dan disiplin.

 

“Keduanya yakni Hablum Minanas, hubungan manusia dengan manusia diwujudkan dengan saling berbagi dengan sesama, terutama kepada anak yatim dan fakir miskin, yang diwujudkan dalam kegiatan sedekah dan zakat,” ucapnya.(Anton)

 

Pos terkait