Pj Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi Resmi Lantik Pj Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Muara Enim dan Banyuasin

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Melza Elen Setiadi melantik secara resmi Pj Ketua TP PKK kabupaten Lahat dr. Indah Sari Hikmaini, Pj Ketua TP PKK Banyuasin Adhitya Triana Apriliani, dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim dr. Yunika Sari, di Griya Agung Palembang, Jumat (26/7/2024) pagi.

Pelantikan ketiga Pj Ketua TP PKK dari 3 kabupaten tersebut menyusul telah dilakukannya pelantikan Pj Bupati di ketiga kabupaten tersebut yang telah dilaksanakan, Senin (22/7/20024) lalu.

Pelantikan ketiga Pj Ketua TP PKK itu berdasarkan Keputusan Pj Ketua TP PKK Sumsel Nomor : 11/KEP/PKK/Sumsel/VII/2024 tanggal 19 Juli 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Ketua TP PKK kabupaten Lahat, Banyuasin dan Muara Enim, yang dirangkaikan pula dengan pengukuhan Penjabat Ketua Pembina Posyandu.

Dalam amanatnya, Melza mengungkapkan sedianya pelantikan Ketua TP PKK sebagai pendamping Kepala Daerah dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Penjabat Bupati. Namun untuk kali ini dilaksanakan secara terpisah sebab ia memiliki kewajiban menghadiri pelaksanaan Hari Anak Nasional di Papua yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Melza mengucapkan selamat kepada para Bupati yang telah dilantik pada beberapa waktu lalu, dan juga menyampaikannya kepada para ibu sebagai Penjabat Ketua TP PKK.

“Tugas untuk memimpin gerakan PKK di daerah sekarang menjadi tanggung jawab ibu-ibu, dan saya yakin ibu-ibu akan mampu melaksanakannya,” kata Melza.

Selain itu dengan telah dilantiknya ketiga Pj Ketua TP PKK kabupaten tersebut diharapkan dapat menjadi suatu kekuatan baru yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan serta lebih giat dalam mensukseskan program PKK dan program lain yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Banyak permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini membutuhkan perhatian khusus dari pemangku kepentingan. Masih adanya angka kemiskinan, angka anak stunting, dan Angka Kematian Ibu (AKI) menjadi tugas kita bersama,” ujar Melza.

Pada kesempatan itu, Melza juga menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada para Pj Ketua TP PKK yang telah mengakhiri masa baktinya dengan baik, dimana Pj Ketua TP PKK Kabupaten Lahat sebelumnya dijabat Adhitya Triana Apriliani, kemudian Pj Ketua TP PKK kabupaten Banyuasin yaitu Maria Ivone Triana Hani, dan Pj Ketua TP PKK kabupaten Muara Enim dr. Rose Mafiani Rijali.

“Saya bangga atas capaian dan prestasi yang selama ini telah ditorehkan. Saya pun berharap semoga dengan kepemimpinan Ketua TP PKK yang baru saja dilantik akan mampu memberikan program dan kegiatan yang lebih nyata dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga-keluarga di daerah serta mampu memberikan sumbangsih dalam mendukung pembangunan bangsa menuju bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi yang turut hadir menyaksikan pelantikan tersebut mengatakan pada beberapa hari lalu telah dilaksanakan salah satu agenda penting transisi pemerintahan melalui pelantikan Pj Bupati Lahat, Pj Bupati Banyuasin dan Pj Bupati Muara Enim.

“Terima kasih kepada para Ketua TP PKK sebelumnya atas pengabdian dan dedikasinya yang telah diberikan untuk kemajuan dan kesejahteraan di kabupaten masing-masing. Sehingga hasil dari upaya yang telah dilakukan selama ini tentunya sudah dapat dirasakan oleh semua manfaatnya. Saya sangat mengapresiasi atas kinerja yang saudara lakukan selama ini”, ucap Elen.

Sejak saat pelantikan ini, Elen meminta agar Pj Ketua TP PKK beserta seluruh jajaran PKK segera mengambil langkah-langkah terencana, visioner, inovatif dan inklusif. Ketua TP PKK pun diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi anggota serta masyarakat luas untuk terlibat aktif dalam program-program PKK.

“Tantangan utama Provinsi Sumsel saat ini adalah pengentasan kemiskinan, penanganan dan pencegahan stunting serta kesenjangan wilayah. Penuntasan tantangan ini memerlukan mobilisasi berbagai potensi yang ada, di mana PKK sebagai mitra pemerintah dapat menjadi agen perubahan yang efektif untuk mengurangi kesenjangan,” ucap Elen.

Turut hadir dalam pelantikan tiga Pj Ketua TP Ketua TP PKK itu, Pj Bupati Lahat, Pj Bupati Banyuasin, Pj Bupati Muara Enim, Pj para Ketua TP PKK kabupaten/kota se-Sumsel, Pj Ketua DWP Sumsel, para Ketua organisasi wanita, dan para Kepala OPD Sumsel.(ril)

Pos terkait