PTS STIHPADA Raih Akreditasi “UNGGUL” Dari APT BAN-PT, Ini Adalah Raihan Yang Sangat Luar Biasa

 

 

Palembang.Berita Suara Rakyat. Com

 

Sungguh peraihan yang sangat luar biasa, serta dedikasi pendidikan yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Ketua beserta lainnya, di mana Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA) Palembang saat ini telah meraih kesuksesan di ajang dunia pendidikan terutama di dalam dunia PTS perkuliahan.

 

 

Alhamdullah, di mana PTS STIHPADA Palembang ini telah Raih Peringkat “UNGGUL” Akreditasi  Perguruan Tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

 

Di mana prestasi luar biasa ini diraih oleh STIHPADA Palembang yang berhasil meraih peringkat UNGGUL pada Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari BAN-PT berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN PT No :1852/SK/BAN-PT/Ak/PT/X/2024, demikian diutarakan oleh Ketua STIHPADA Palembang Assoc Prof Dr H Firman Freaddy Busroh, S.H., M.Hum., C.T.L saat diwawancarai di kampus STIHPADA Palembang.

 

Peringkat UNGGUL Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang diraih STIHPADA merupakan untuk yang pertama kalinya untuk bentuk sekolah tinggi hukum di seluruh Indonesia. Hal Ini menempatkan STIHPADA di peringkat teratas di antara 38 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) yang ada di seluruh Indonesia berdasarkan database dari BAN-PT.

 

 

 

Di samping itu juga STIHPADA menjadi PTS pertama yang meraih peringkat UNGGUL Akreditasi Perguruan Tinggi BAN PT untuk wilayah LLDIKTI Wilayah 2 meliputi Sumsel, Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, ujar ketua STIHPADA Palembang Assoc Prof Dr H Firman Freaddy Busroh, S.H., M.Hum., C.T.L.

 

 

Kemudian, menurut Assoc Prof Dr H Firman Freaddy Busroh, S.H., M.Hum., C.T.L, PTS STIHPADA Palembang ini sendiri memiliki 2 (dua) program studi (Prodi), yaitu Prodi Sarjana Strata Satu (S1) Ilmu Hukum (IH) yang telah meraih serta sudah terakreditasi peringkat UNGGUL dan Prodi Sarjana Strata Dua (S2) Magister Hukum (MH) terakreditasi peringkat BAIK SEKALI dari BAN-PT.

 

Di mana hal ini jelas membuktikan bahwa mutu pendidikan di PTS STIHPADA Palembang sangat berkualitas dan diakui secara luas di tingkat Nasional. Capaian peringkat Unggul Akreditasi Institusi (AIPT) oleh STIHPADA ini diraih berkat terpenuhinya 9 (sembilan) instrumen standar penilaian akreditasi oleh BAN-PT, ungkap Ketua STIHPADA Palembang ini.

 

 

Dilanjutkannya, di mana PTS STIHPADA Palembang saat ini telah memiliki 19 Doktor Hukum sebagai dosen tetap, sarana dan prasarana yang lengkap dan nyaman, prestasi non akademik dan akademik dosen dan mahasiswa di tingkat Nasional dan Internasional, memiliki Auditor Penjaminan Mutu Internal yang telah tersertifikasi, Sistem Informasi Akademik yang terintegrasi, Perpustakaan terakreditasi “A” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas RI).

 

 

 

“Selain itu juga, banyaknya publikasi ilmiah yang dihasilkan dosen dan mahasiswa baik di jurnal nasional maupun internasional, serta memiliki Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang telah terakreditasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (HAM RI),” kata Assoc Prof Dr H Firman Freaddy Busroh, S.H., M.Hum., C.T.L ini.

 

Masih dilanjutkannya, selain itu juga di PTS STIHPADA Palembang ini sendiri memiliki banyak mitra kerjasama baik dengan institusi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri, alumni yang sukses sebagai penegak hukum, pejabat publik, dan wiraswasta, serta menyediakan banyak program beasiswa dari negara seperti bidik misi, PPA, BBM dan beasiswa Yayasan Dikti Sumpah Pemuda, dan berbagai program internasional seperti Student Mobility, Student Exchange, Visiting Professor and Lecturer, International Lecture  dan International Conference.

 

 

“Ini merupakan rasa syukur dan kebahagiaannya atas diraihnya Akreditasi Institusi UNGGUL dari BAN-PT. Dengan akreditasi UNGGUL ini, dan diharapkan semangat dalam menjaga mutu pendidikan di STIHPADA Palembang semakin meningkat untuk ke depan serta agar lebih baik dan lebih baik lagi untuk menciptakan pendidikan bagi mahasiswa/mahasiswi kita dalam mengeyam pendidikannya di kampus kita ini,” ucapnya.

 

 

Masih disampaikanmya, di mana prestasi ini diraih berkat kerjasama yang solid dan penuh rasa kekeluargaan dari seluruh civitas akademika STIHPADA. Diraihnya peringkat akreditasi UNGGUL diharapkan bisa meningkatkan animo masyarakat untuk memilih STIHPADA sebagai tempat kuliah menimba ilmu hukum. STIHPADA didirikan pada tanggal 28 Oktober 1994 oleh almarhum Prof. H. Abu Daud Busroh, SH, seorang tokoh hukum dan pendidikan ternama di Sumatera Selatan dan mulai beroperasi sejak tahun 1995.

 

 

 

“STIHPADA berlokasi di kota Palembang yang merupakan salah satu PTS dibawah naungan LLDIKTI Wilayah 2 saat ini telah memiliki alumni berjumlah sekitar 7 ribu orang yang tersebar di berbagai profesi dan daerah. Dengan diraihnya peringkat UNGGUL Akreditasi Perguruan Tinggi put PP,BAN PT maka STIHPADA telah membuktikan sebagai perguruan tinggi hukum terbaik di Indonesia,” imbuh Assoc Prof Dr H Firman Freaddy Busroh, S.H., M.Hum., C.T.L. (Anton)

 

Pos terkait