Setelah Dilantik Ini Program Yang Dikerjakan DPD KATALIA Sumsel, Ini Pesan Dari Pemprov Sumsel

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

 

Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si., GRCE yang diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi Dan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Zulkarnain, S.E., M.M menghadiri kegiatan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia (DPD KATALIA) Provinsi Sumsel Masa Jabatan Tahun 2024 – 2029 yang diselenggarakan oleh DPD KATALIA Provinsi Sumsel.

 

Kegiatan ini sendiri selain dihadiri dari Pemprov Sumsel yakni dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel yang diwakili oleh Sekretaris Disbudpar Sumsel Dr. Hj. Mega Nugraha, S.H, M.Si, Ketua DPD KATALIA Provinsi Sumsel Jessica Fransisca, para ketua DPC KATALIA di 17 kabupaten/kota yang dilantik, dan undangan lainnya.

 

Dikatakan Penjabat Gubernur Sumsel melalui Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel Zulkarnain, S.E., M.M, Pemprov Sumsel sangat mendukung serta mengapresiasi kegiatan ini, di mana kegiatan baik untuk memfasilitasi dari seni tata rias.

 

Di mana ini bisa memberikan suatu lowongan kerja bagi para seni tata rias khususnya untuk meningkatkan kompetensinya.

 

*Adapun caranya dengan cara pelatihan-pelatihan sertifikasian yang dilakukan oleh kepengurusan DPD KATALIA Sumsel khususnya, sehingga mereka punya standar untuk tata rias pengantin ini,” ujarnya.

 

Kemudian, tentunya tata rias pengantin ini harus tetap memegang teguh adat istiadat yang ada di provinsi Sumsel, ataupun yang ada dikabupaten/kota di Sumsel yang bahkan kekayaan budaya tetap harus kita lestarikan walaupun nantinya ada perkembangan zaman.

 

Peran mereka ini ada memfasilitasi dengan mengadakan pertemuan-pertemuan, kemudian mereka melakukan pelatihan-pelatihan, sehingga dengan pelatihan tadi memiliki sertifikasi tadi.

“Sehingga mereka memiliki standar yang ditetapkan oleh seorang penata rias, sehingga mereka bisa menjadi tata rias yang dibutuhkan zaman sekarang,” ungkapnya.

 

Menurut Ketua DPD KATALIA Provinsi Sumsel Jessica Fransisca, dimana pada hari ini kita melaksanakan musyawarah wilayah II DPD KATALIA Sumsel, dilanjutkan pelantikan ketua DPD KATALIA Sumsel yang periode 2024-2029, dan tadi juga dikukuhkan oleh perwakilan dari pemprov Sumsel dalam hal ini Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel.

 

Selain itu juga ada pelantikan juga untuk Dewan Pimpinan Cabang 17 kabupaten/kota KATALIA Provinsi Sumsel, jadi hari ini mencakup pelantikan, pengukuhan, dan siang ini dilanjutkan sertifikasi.

 

“Adapun sertifikasi dari BNSP yakni Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengeluarkan sertifikat resmi untuk MUA,” katanya.

 

Dilanjutkannya, setelah itu besok kita lanjutkan lagi dengan adanya seminar make up yang mana ada narasumber kita datangkan dari Jakarta. Setelah seminar kita lanjutkan kembali lomba, dimana ada 50 peserta lomba yang terdiri dari se Sumsel.

 

Alhamdulillah saya terpilih kembali menjadi Ketua DPD KATALIA untuk periode 2024-2029 dimana saya sendiri untuk kali ini merupakan periode yang kedua.

 

“Kalau program kita itu biasanya setiap tahun itu mengadakan sertifikasi, MUA, rias pengantin, seminar, dan lomba,” ucapnya.

 

Masih dilanjutkannya, karena ini DPC KATALIA makin terbentuk dengan luas, mungkin kita programnya tahun ini kita akan mengunjungi DPC-DPC satu persatu. Jadi ada 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel, mungkin dalam 1 bulan itu nanti akan mengunjungi DPC KATALIA tersebut.

 

Dimana tujuannya adalah untuk mengadakan program beauty class, jadi kita membagi ilmu ke daerah-daerah atau kabupaten/kota tersebut, dimana untuk 17 kabupaten/kota sendiri sudah terbentuk.

 

“Harapan kita kepada DPC-DPC tersebut tentunya bisa berkembang didaerahnya masing-masing, bisa merangkul perias-perias pengantin yang bersertifikat resmi dari pemerintah,” imbuhnya. (Anton)

 

Pos terkait