Talk Show Bendera Diinisiasi Beberapa Organisasi, Ini Disampaikan Kanwil Kemenag Sumsel Dan Ketua DPD AGPAII Kota Palembang

 

Palembang. Berita Suara Rakyat. Com

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Agama Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel Dr Muhammad Badrut Taman, M.S.I menghadiri kegiatan yang di gagas oleh FKG, KKG, MGMP dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag  provinsi Sumsel.

 

Dimana mereka atau organisasi ini sendiri melaksanakan Talk Show Bincang-Bincang Tentang Moderasi Beragama (BENDERA) yang dipusatkan di halaman Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Palembang, Jumat (15/3/2024).

 

Dikatakan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel diwakili Kabid Pendidikan Agama Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel Dr Muhammad Badrut Taman, M.S.I, ini kan memang kami inisiasi untuk pertama kalinya tahun ini dengan konsep seadanya, memang belum kita programkan.

 

Tahun depan kita coba programkan lebih struktur lagi dan dengan konsep yang ebih baik lagi, mungkin bisa bekerjasama dengan pemerintah provinsi Sumsel mungkin untuk digerakkan di sekolah-sekolah.

 

“Terkait dengan tema yang diangkat dan yang kita lihat ini justru itu untuk mengukur itu kita perlu menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

 

Kemudian, setelah kegiatan ini berjalan beberapa lama baru kita bisa lihat berapa tingkat keberhasilannya. Untuk anak-anak tadi kita lihat, sebenarnya pemahaman dasar-dasar moderasi beragama sudah cukup baik kalau kita lihat.

 

Di mana respon mereka, dan jawaban-jawaban mereka sebenarnya sudah menunjukkan pemahaman mengenai moderasi beragama.  Kalau mengenai pemahaman tentang agama dan politik ini memang kadang tidak bisa dipisahkan.

 

“Tapi kita harus tanamkan kepada anak-anak bahwa agama dan politik itu berbeda, jadi tidak diperkenankan kita membawa kepentingan agama untuk kepentingan politik, dan itu harus kita tanamkan semenjak dini,” ungkapnya.

Menurut Ketua DPD AGPAII Kota Palembang Kemas A Ibrahim, M.PdGr, sebenarnya kemarin itu masukan dari Kanwil Kemenag provinsi Sumsel untuk mengadakan roadshow dengan merangkul beberapa organisasi, yakni AGPAII, FKG, KKG, dan MGMP

 

Jadi se Sumsel ini di gait oleh Kanwil Kemenag Sumsel beserta pengawas untuk melakukan kegiatan untuk menjelang ramadhan demi untuk mensukseskan acara yang di cetuskan olah Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel.

 

“Kalau kita lihat antusias siswa tadi sangat luar biasa, di mana mereka sangat setuju dan semangat, di mana selama ini kegiatan mereka diisi oleh guru-guru yang ada di sekolah ini,” katanya.

 

Dilanjutkannya, tapi dengan adanya kegiatan ini diisi oleh narasumber yang ada, jadi ini bisa membuat mereka menjadi semangat untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Di mana untuk narasumbernya sendiri sangat kompeten, sehingga bisa menambah wawasan yang banyak untuk mereka, dan ini merupakan gerakan pertama untuk di bulan suci Ramadhan.

 

“Adapun keinginan dari kegiatan ini bahwasanya baik tingkat provinsi Sumsel maupun kota Palembang untuk bersama-sama bergerak serta merangkul lembaga atau instansi, baik pemerintah kota, pemerintah provinsi untuk memajukan Indonesia,” ucapnya. (Anton)

 

Pos terkait